Senin, 08 Desember 2014

tugas geografi negara maju - JEPANG

Assalamualaikum para penyimak semuanya kali ini saya posting lagi tentang negara berkembang disini akan dibahas tentang ekonomi,ideologi,keamanan.politic,dan sosial budaya
semoga berguna bagi para penyimak yang sedang mencari referensi tentang negara jepang sebagai negara maju
baiklah silahkan menyimak






BAB I
PENDAHULUAN

A. Deskripsi
Jepang (Japanese: 日本 Nippon atau Nihon, nama resmi: 日本国 Nipponkoku atau Nihonkoku, nama harfiah: "State of Japan" adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur Terletak di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur itu. laut Jepang, dan negara tetangga Republik Rakyat Cina, Korea, dan Rusia. pulau paling utara berada di laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di laut Cina Timur, khususnya di Okinawa selatan tetangga Taiwan.
Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang membuatnya sebagai nusantara. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% dari luas daratan Jepang berada di pulau terbesar keempat. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan beberapa di antaranya vulkanik. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Populasi Jepang berjumlah 128 juta orang, dan peringkat ke-10 negara terpadat di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berfungsi sebagai prefektur a. Tokyo Raya adalah sebutan untuk kota Tokyo dan beberapa berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terbesar di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang.
Sebagai negara maju di bidang ekonomi, Jepang memiliki produk domestik bruto terbesar kedua setelah Amerika Serikat, dan termasuk dalam tiga besar dalam kemampuan keseimbangan belanja. Jepang adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, G8, OECD, dan APEC. Jepang memiliki kekuatan militer yang memadai lengkap dengan sistem pertahanan modern seperti AEGIS dan skuad fleetdestroyers besar. Dalam perdagangan luar negeri, Jepang berada di peringkat ke-4 negara pengekspor terbesar dan peringkat ke-6 negara pengimpor terbesar di dunia. Di negara maju, Jepang memiliki standar populasi hidup yang tinggi (peringkat ke-8 dalam Indeks Pembangunan Manusia) dan angka harapan hidup tertinggi di dunia menurut perkiraan PBB. Di bidang teknologi, Jepang adalah negara maju di bidang telekomunikasi, mesin, dan robotika.
B. Diskusi Tujuan
Untuk mengetahui kemajuan Jepang di berbagai bidang. Sebagai ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.






BAB II
PEMBAHASAN
A. Ideologi
Hakko Ichiu (delapan penjuru dunia di bawah satu atap) adalah slogan persaudaraan universal yang digunakan Jepang untuk membuat Semakin besar Asia Timur co-kemakmuran bola dalam Perang Dunia II. Slogan ini berasal dari kata "掩 八 紘 而 爲 宇" di Nihon Shoki Bab 3 Bab Kaisar Jimmu berarti "seluruh negeri adalah seperti rumah".
Selama pendudukan Jepang di Indonesia mengadakan pelatihan guru di Jakarta untuk mengindoktrinasi mereka dengan Hakko Ichiu. Trainee yang diambil dari setiap provinsi / kabupaten.
Hakko Ichiu digunakan Kekaisaran Jepang sebagai kebijakan nasional mulai dari kedua Sino-Jepang sampai Perang Dunia II. Pada tanggal 26 Juli 1940, II Kabinet Perdana Menteri Konoe Fumimaro menetapkan Kebijakan Ajaran Nasional Dasar (Kihon Kokusaku Yoko) mengandung menyiapkan besar Asia Timur co-kemakmuran lingkup Kerajaan keputusan. Tujuan dasar dari National Policy Ajaran Basic "Mewujudkan perdamaian dunia sesuai dengan semangat negara-negara pendiri besar, yaitu delapan penjuru dunia di bawah satu atap sebagai kebijakan nasional Imperial Jepang, dan sebagai langkah pertama, yang pertama Imperial Jepang, membuat sebagai inti adalah Uni kuat antara Jepang-Manchuria-China untuk pembentukan orde baru adalah Yayasan besar Asia Timur. "
Di berbagai daerah di Jepang, Hakko Ichiu digunakan sebagai salah satu slogan untuk mewujudkan suatu tatanan baru di Asia Timur. Di Tokyo membentuk Chōkoku Hōkōtai (pertemuan para Menteri Negara) sebagai organisasi pelatihan dan penyuluhan konsep dan struktur, Hakko Ichiu Pemerintah Kota dimasukkan ke dalam struktur militer.
Setelah Jepang menyerah, Jepang berada di bawah pendudukan Sekutu Panglima Tertinggi. Berdasarkan memorandum yang dikeluarkan oleh Panglima Tertinggi Sekutu dari "penghapusan sponsor Pemerintah, dukungan, pengawasan, pelestarian, dan penyebaran agama Shinto Negara", slogan yang berkaitan dengan radikal nasionalis, militerisme, dan agama Shinto Negara dilarang memakai lagi .
Dalam kamus bahasa masa kini Jepang, Hakko Ichiu digambarkan sebagai "slogan yang digunakan untuk pembenaran agresi Jepang di luar negeri selama Perang Dunia II." Heibonsha Dunia Encyclopedia menggambarkan mereka sebagai "doktrin bangsa dari ultranationalism stereotip dirinya sebagai ras tertinggi dan doktrin supremasi untuk melakukan opresi dan pencaplokan orang lain yang diperluas untuk agresi oleh negara dan militer untuk mencapai tujuan tersebut, serta gerakan / ide untuk peng-Ortodoks, unifikasi, dan mobilisasi masyarakat.

B. Politik
Sistem politik Jepang adalah negara monarki konstitusional menganut sangat membatasi kekuasaan Kaisar Jepang. seremonial sebagai kepala Negara, posisi Kaisar Jepang diatur dalam konstitusi sebagai "simbol negara dan pemersatu rakyat". Kekuasaan pemerintah berada di tangan Perdana Menteri Jepang dan anggota terpilih Parlemen Jepang, sementara kedaulatan sepenuhnya berada di tangan rakyat Jepang. Kaisar Jepang bertindak sebagai kepala negara dalam urusan diplomatik.
Parlemen Jepang adalah parlemen dua kamar yang dibentuk mengikuti sistem Inggris. Parlemen Jepang terdiri dari bawah rumah dan atas rumah. Semakin rendah House of Japan terdiri dari 480 anggota Dewan. Anggota bawah Rumah dipilih langsung oleh rakyat setiap empat tahun atau setelah majelis rendah dibubarkan.
Jepang majelis terdiri dari 242 anggota Dewan yang memiliki jangka waktu 6 tahun, dan dipilih langsung oleh rakyat. Warga Jepang berusia 20 tahun ke atas memiliki hak untuk memilih.
Kabinet Jepang terdiri dari Perdana Menteri dan Menteri. Perdana Menteri adalah anggota DPR dari partai mayoritas di bawah rumah. Partai Demokrat Liberal (LDP) telah memerintah Jepang sejak 1955, kecuali pada tahun 1993. Pada tahun itu membentuk koalisi pemerintah yang hanya sebentar dengan pihak oposisi. Partai oposisi terbesar di Jepang adalah Partai Demokratik Jepang.
Perdana Menteri Jepang adalah kepala pemerintah. Perdana Menteri yang ditunjuk melalui pemilihan di antara anggota Parlemen. Ketika bawah rumah dan atas rumah masing-masing memiliki calon sendiri untuk Perdana Menteri, maka yang lebih rendah kandidat DPR dari mana yang lebih dulu. Dalam prakteknya, Perdana Menteri berasal dari partai mayoritas di Parlemen. Kabinet Menteri ditunjuk oleh Perdana Menteri.
Kaisar Jepang mengangkat Perdana Menteri berdasarkan keputusan Parlemen Jepang, dan memberi persetujuan atas pengangkatan Menteri Kabinet. Perdana Menteri memerlukan dukungan dan kepercayaan dari para anggota yang lebih rendah rumah untuk bertahan sebagai Perdana Menteri.
Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang didirikan oleh Kaisar Jimmu pada abad ke-7 SM Jepang adalah negara yang paling dihormati di wilayah tersebut karena memiliki jauh lebih maju teknologi dibandng dengan negara-negara sekitarnya. Di Jepang ada 47 tingkat prefektur pemerintah daerah (tingkat provinsi) dan memiliki lebih dari 3300 pemerintah daerah pada tingkat yang lebih rendah. Para kepala pemerintah daerah dipilih oleh rakyat setempat melalui pemilihan.
Bentuk Jepang sendiri Negara adalah negara monarki konstitusional yang sangat membatasi kekuasaan Kaisar Jepang. Tentang sistem pemerintahan, Jepang menjalankan sistem parlementer, mirip dengan yang dilakukan di Inggris dan Kanada Negara. Sejak tahun 1947 di Jepang mulai berlaku konstitusi atau Undang-Undang Dasar, yang didasarkan pada tiga prinsip, yaitu: kedaulatan rakyat, penghormatan hak - hak asasi manusia, dan menolak perang. Konstitusi juga menetapkan kemandirian tiga instansi pemerintah yang terdiri dari:
* Legislatif
biasa disebut Diet atau Parlemen
* Dewan Eksekutif
terdiri dari anggota Kabinet
* Badan Yudisial
berfungsi sebagai Pengadilan hukum
Di Jepang, Kantor Kepala Negara berada di tangan kaisar. Namun, fungsi dari kaisar sebagai kepala negara adalah sama belaka seremonial. Karena posisi kaisar sendiri diatur dalam undang-undang dasar sebagai simbolis dan menyatukan orang-orang. Jadi Kaisar Jepang hanya bertindak sebagai kepala negara yang mengawasi semua urusan yang berkaitan dengan diplomasi. Adapun jabatan kepala pemerintah berada di tangan Perdana Menteri.
Diet sebagai puncak badan kekuasaan negara serta anggota parlemen. Anggota Diet terdiri dari DPR dengan 480 anggota dan Anggota Dewan dengan 242 anggota. Anggota Diet akan memilih Perdana Menteri dari kalangan mereka sendiri. Perdana Menteri kemudian terpilih akan membentuk Kabinet. Kabinet akan disajikan di bawah kepemimpinan Perdana Menteri, namun Kabinet di mejalankan tugas akan bertanggung jawab kepada Diet.
Kekuasaan kehakiman berada di tangan Mahkamah Agung dan pengadilan yang lebih rendah. Di Jepang, pengadilan menangani masalah hukum meliputi: Pengadilan Tinggi, pengadilan distrik, dan pengadilan kecaman sumir (menangani kasus-kasus ringan, seperti pelanggaran lalu lintas). Mahkamah Agung sendiri terdiri dari Ketua Mahkamah Agung dan 14 hakim lainnya. Ketua Mahkamah Agung dan semua anggotanya ditunjuk oleh kabinet.

C. Ekonomi
Jepang adalah salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Berdasarkan survei dari lembaga internasional, ekonomi Jepang adalah perekonomian terbesar kedua di Asia (sedikit di bawah REPUBLIK CHINA) dan ketiga di dunia (selain AS dan RRC). Jepang dikenal sebagai negara yang inovatif dan memiliki semangat kerja yang tinggi di tempat kerja meskipun mereka bukan bangsa penemu. Salah satu faktor yang mendorong keberhasilan Jepang karena Jepang memiliki budaya dan karakter orang-orang yang mau bekerja keras, pantang menyerah, benar entrepreneur berjiwa, berani dan sangat disiplin. Data dari PBB pada tahun 2011, PDB Jepang'S per kapita $ 37.039 dan memiliki GNP per kapita $ 30,455, sehingga Jepang saat ini negara dengan terbesar per kapita GNP dan GDP di dunia.
Ekonomi Jepang adalah perekonomian No 3 tercepat sepanjang sejarah modern umat manusia selain ekonomi Korea Selatan dan China. Tonggak kebangkitan dan kemajuan ekonomi Jepang dimulai tak lama setelah Jepang dikalahkan oleh sekutu di Perang Dunia 2. Sementara kota-kota dan ekonomi yang pernah dibangun sebelum tahun 1945 Jepang hancur, dengan semangat, etos kerja dan disiplin yang Jepang mampu membangun kembali perekonomian dan negaranya menjadi salah satu yang terbesar dan paling kuat di dunia.
Ekonomi Jepang tumbuh pesat, dalam sekejap hanya mampu bersaing dengan Amerika Serikat dan negara-negara Eropa, sehingga di beberapa negara akan anti-Jepang dan melarang produk dari Jepang. Namun, Jepang tetap menjadi negara yang bekerja.
Ekonomi Jepang dibangun dengan fondasi yang kuat dengan berat industri, manufaktur dan jasa sebagai Pemelihara utama perekonomian mereka. Industri Jepang adalah yang industri terbaik di dunia (tahun 2008 mengalahkan kami). Raksasa industri Jepang ke dunia sejak tahun 1960 hingga 2004. industri Jepang telah lama didukung oleh modal yang besar, sumber daya manusia, kualitas, ketersediaan listrik dan peralatan pendukung canggih.
Industri utama Jepang dunia yang paling dikenal adalah mereka otomotif (baik mobil atau motor), tetapi lebih dari itu Jepang juga negara-negara produsen ponsel, elektronik, kapal, mesin, robot (android), baja (metal), sutra, tekstil , komputer, bio-industri, semikonduktor, farmasi, kertas, petrokimia, makanan, teknologi ruang, aluminium dan lain-lain. Hampir semua industri ekspor sukses Jepang. Ingin bukti? hanya melihat jalanan Indonesia, India, Malaysia dan Filipina mengalami mobil yang dibuat oleh Honda, Suzuki, Toyota, Hino, Isuzu, Mitsubishi dan Mazda. Alat rumah tangga didominasi alat Jepang seperti Sharp, Mito, Mitoshiba, Toshiba, Canon dll Sampai saat ini, negara-negara industri yang paling sukses di Jepang sepanjang sejarah.
Selain itu, Jepang juga menjajah negara-negara lain melalui film dan industri anime. Anime (animasi) Jepang menyerbu ke dalam dunia seperti: Ninja Hatori, Doraemon, Naruto, One Piece, dll Dari industri animasi (Anime), Jepang telah membuat total bersih sekitar 2,983, 03000000000 Yen.
Meskipun Jepang negara maju, Jepang tidak melupakan usaha lain seperti pertanian. Pertanian di Jepang sangat maju dan menerapkan intensifikasi pertanian, jadi meskipun daerah Jepang yang membuat lahan pertanian kurang dari 15% Jepang dapat memenuhi swasembada dalam negeri. Pertanian di Jepang sebagian besar menggunakan sistem hidroponik, pupuk hijau / kompos dan mesin modern. 2011, Jepang berhasil mandiri atas komoditas beras, kedelai, kacang tanah, rumput laut, teh, tomat, sayuran, kubis, pir, jeruk, aprikot, lobak, jagung, kentang, beras, jagung, bunga dan wasabi. Meskipun mandiri, untuk membuat Sanbei tersebut, Jepang masih mengimpor beras dari Vietnam dan Thailand.
Pertambangan adalah usaha yang kurang sukses di Jepang, karena Jepang adalah bumi yang sangat miskin dan menghasilkan sangat sedikit mineral. Bumi Jepang tercatat hanya memproduksi garam, batubara, tembaga, bauksit, emas, bijih besi, bijih nikel, tungsten dan jumlah gas alam masih jauh dari cukup. Hanya energi air, angin dan panas matahari yang ada melimpah jumlahnya.
Memancing, memancing Jepang sangat maju dengan dukungan alat armada yang modern memancing dan dikapitalisasi, serta daerah yang sangat luas penangkapan. Tidak heran Jepang telah menjadi dunia no. 1 penghasil ikan dari tahun 1968 sampai 1996. Pada tahun 1996, produksi ikan di Jepang terus menurun dan akhirnya mencapai # 6 sampai sekarang. Namun armada penangkapan ikan, masih merupakan yang terbaik di dunia. Perikanan / nelayan hasil tangkapan Jepang: tuna, cakalang, ikan sarden, makarel, ikan cod, herring, ikan paus, anjing laut, salmon, kepiting, gurita, cumi-cumi, belut laut, udang, salmon, kerang tiram, sauries dan jenis lainnya. Sementara itu, babi, sapi, kuda, domba, ayam, bebek dan segel serta ular dan buaya pertanian adalah hasil dari Jepang.

D. Sosial dan Budaya
Agama yang paling dominan di Jepang adalah Buddha. Data yang tercatat pada tahun 1994 adalah 90 juta pemeluk agama jiwa. Kristen juga termasuk banyak penganut agama, yang mencapai 1,5 juta orang. Selain itu ada banyak agama dan kepercayaan lainnya, di antara agama-agama Muslim diperkirakan 100 ribu orang. Angka itu termasuk orang asing yang tinggal sementara di Jepang.
Shinto adalah kepercayaan di Jepang yang sudah ada sejak zaman dahulu. Shinto adalah keyakinan yang menekankan bahwa ia memiliki kekuatan alam, seperti sungai, batu, dan sebagainya. Pada periode sebelum Perang Dunia II, Shinto adalah agama resmi negara. Tapi kali ini tidak lagi. Buddhisme mengalahkan popularitas. Namun, identitas keagamaan di Jepang begitu pudar bahwa kebanyakan orang di Jepang merayakan kelahiran kuil Shinto, pernikahan di gereja dan upacara pemakaman di kuil Buddha.
Salah satu budaya Jepang yang masih menunjukkan bahwa mereka tidak lupa budaya mereka adalah sejumlah festival diadakan. Terbesar termasuk festival Tanabata dan festival Bon. Pada saat festival ini karena semua orang berkumpul di lapangan atau bahkan jalan-jalan dan bersenang-senang sambil menari dan minum. Yang terakhir ini juga termasuk budaya Jepang diturunkan dari lama waktu yang lalu.

BUDAYA TRADISIONAL
Namun, seni pertunjukan tradisional di Jepang saat ini, antara lain, kabuki, noh dan kyogen drama, bunraku.
Kabuki adalah sebuah bentuk teater klasik, yang berkembang pada awal abad ke-17. Khasnya adalah irama kalimat demi kalimat yang diucapkan oleh para aktor, kostum yang super-mewah, make up (Kumadori) yang mencolok, serta penggunaan peralatan mekanis untuk mencapai efek-efek khusus di panggung. Make-up menonjolkan sifat dan suasana hati dari karakter aktor disajikan. Sebagian besar bermain mengambil tema abad pertengahan atau zaman Edo, dan semua aktor yang memainkan peran, meskipun seorang wanita, adalah laki-laki.
Noh adalah bentuk teater musikal yang tertua di Jepang. Narasi tidak hanya dilakukan dengan dialog tapi juga dengan utai (lagu), yang hayashi (iringan musik), dan menari. Fitur khas lainnya adalah pelaku utama mengenakan warna-warni kostum sutera bersulam, mengenakan topeng dan kayu pernis berlapis. Topeng-topeng yang menggambarkan tokoh-tokoh seperti orang yang sudah tua, wanita muda atau tua, dewa, hantu, dan anak laki-laki.
Kyogen memainkan teater klasik adalah bentuk lelucon yang menunjukkan dengan tindakan dan dialog yang sangat stylish. Ditampilkan di sela-sela sekarang, meskipun pertunjukan noh kadang muncul sendiri-sendiri.
Bunraku, yang menjadi populer sekitar akhir abad ke-16, adalah jenis teater boneka, bermain dengan iringan lagu bercerita dan musik yang dimainkan dengan shamisen (alat petik berdawai tiga). Bunraku dikenal sebagai salah satu teater boneka yang paling halus di dunia.
Banyak kesenian tradisional lainnya, seperti upacara minum teh dan ikebana (merangkai bunga), terus hidup sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang. Jepang upacara minum teh (sado atau Chado) adalah praktik diatur sangat halus dan menyeluruh untuk melayani dan minum teh hijau matcha (dalam bentuk bubuk). Ada hal yang lebih penting daripada ritual membuat dan menyajikan teh, karena upacara ini merupakan rangkaian seni yang mendalam yang membutuhkan pengetahuan yang luas dan kepekaan yang sangat halus. Sado juga menjajaki tujuan hidup dan mendorong timbulnya apresiasi terhadap alam.
Seni merangkai bunga (ikebana), Jepang sedang mengalami evolusi di Jepang selama tujuh abad, berasal dari Ketertarikan dalam hidangan pertama.
Seni ini berbeda dengan penggunaan bunga yang murni dekoratif saja, karena setiap unsur sebuah karya ikebana dipilih dengan pertimbangan yang sangat hati-hati termasuk bahan tanaman, wadah di mana ranting dan bunga akan ditempatkan, serta keterkaitan dengan cabang-cabangnya dan ruang di sekitarnya.

BUDAYA MODERN
Musik klasik ke Jepang dari Barat. Cukup banyak penggemar dan sejumlah konser diadakan di berbagai tempat di Jepang. Jepang telah melahirkan banyak konduktor (seperti Ozawa Seiji), pianis, dan pemain biola dan mereka melakukan seluruh dunia.
Sejak Akira Kurosawa memenangkan Golden Lion Award di Festival Film Venice pada tahun 1951, bertindak Jepang menjadi pusat perhatian dunia, dan karya-karya sutradara besar seperti Yasujiro Ozu dan Kenji Mizoguchi mendapat pujian luas. Selama setahun terakhir ini, Kitano Takeshi memenangkan Golden Lion Award di Festival Film Venice dengan nya 1997 HANA-BI dan meraih penghargaan sebagai Sutradara Terbaik di festival tahun 2003 dengan Zatoichi nya.
Anime film (kartun) Jepang yang menjadi hiburan bagi anak-anak Jepang sejak tahun 1960-an, kini diekspor ke seluruh dunia. Ada seri yang menjadi favorit anak-anak di seluruh dunia, seperti Astro Boy, Doraemon, Sailor Moon, Detective Conan, dan Dragonball Z. Sementara itu, disutradarai oleh Hayao Miyazaki, Spirited Away, memenangkan Oscar sebagai Film animasi terbaik tahun 2003 .
Untuk sastra, ada sejumlah pemenang Hadiah Nobel Kawabata Yasunari, IE dan Oe Kenzaburo. Sementara itu, karya-karya penulis yang lebih modern seperti Murakami Haruki dan Yoshimoto Banana populer di kalangan kaum muda Jepang dan telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa.




E. Pertahanan dan Keamanan
Pada September 2, 1945 menandatangani perjanjian yang membawa salah satu yang menyatakan bahwa Jepang diduduki oleh Amerika Serikat sampai tahun 1952. Dari titik awal ini mulai kontrol AS atas Jepang. Amerika memaksa Jepang mengubah konstitusi di mana Jepang menjadi bangsa cinta damai dan hanya diizinkan untuk memiliki kekuatan pertahanan diri (Jepang Pasukan Bela Diri).
Berdasarkan hasil kompromi, akhirnya diproduksi, doktrin Yoshida terkait dengan perjanjian keamanan utama dengan Amerika Serikat, tetapi diperkirakan membutuhkan beberapa kewajiban bagi Jepang selain penyediaan pangkalan militer Amerika Serikat dan dukungan politik kebijakan Amerika Serikat. Pembangunan kembali juga menegaskan pasukan militer Jepang, tetapi hanya sejauh yang diperlukan untuk memastikan kemampuan pertahanan diri yang tepat.
Ada empat konsekuensi penting dari doktrin Yoshida:
1. Jepang tidak akan mengirimkan SDF ke luar negeri untuk menjadi bagian dari skema-skema pertahanan kolektif;
2. Jepang tidak akan menjadi kekuatan nuklir;
3. Jepang tidak akan mengekspor senjata; dan
4. Jepang akan membatasi anggaran pertahanan menjadi 1 persen dari GNP.
Di Jepang ada setidaknya tiga kelompok utama dalam menangani masa depan pasukan militer Jepang. Kelompok pertama disebut sebagai Grup "mainstream". Sejak pertengahan 1990-an, Grup didominasi oleh kalangan realis-militer yang ingin Jepang mendapatkan tanggung jawab politik dan militer untuk kerjasama pertahanan bilateral yang lebih besar di dalam. Jepang pasukan beladiri (SDF) untuk meningkatkan komando, kontrol, komunikasi dan intelijen (C3I) dan memiliki kemampuan (kekuatan) militer yang independen. Berkenaan dengan kerjasama pertahanan AS-Jepang, Grup menyatakan bahwa Jepang dan AS harus membangun forum dialog keamanan (security dialog) serta meningkatkan pemahaman bersama (mutual understanding) dan efektivitas Aliansi.
Kelompok kedua yang dikenal sebagai kelompok nasionalis. Grup menyatakan bahwa Jepang harus membangun kemampuan pertahanan sendiri dan melepaskan diri dari kami. Langkah pertama adalah untuk merevisi konstitusi yang diusulkan yang membatasi Jepang untuk mengembangkan kemampuan militer.
Sementara kelompok ketiga adalah pasifis. Di antara pasifis Jepang ingin berkontribusi dalam kepemimpinan PBB dan mengakhiri kerjasama keamanan dengan Amerika Serikat. Selain itu, di antara pasifis juga mendukung Jepang untuk mempertahankan Konstitusi damai dan mengurangi kemampuan militernya.
Pergeseran dalam keamanan berpikir Jepang selama tahun 1990-an yang jelaskan di atas terutama didorong oleh perubahan eksternal. Ada sejumlah faktor yang mendorong perkembangan pemikiran untuk meningkatkan kemampuan militer Jepang termasuk:
1. persepsi ancaman keamanan dari Cina. Sejumlah sengketa antara China dan Jepang, khususnya yang berkaitan dengan memotong ekspansi Jepang ke dalam sejarah China, diikuti oleh aktivitas modernisasi militer China telah melahirkan kecemasan di Jepang. Untuk Jepang, Cina adalah ancaman terbesar bagi keamanan. Hal ini dapat dilihat dari hasil jajak pendapat yang dilakukan Jepang Harian Yomiuri Shimbun bahwa 65,3% dari 1.867 responden mengatakan bahwa China tidak bisa dipercaya. Persentase tersebut merupakan yang tertinggi dari enam kali jajak pendapat yang sama dilakukan oleh Yomiuri Shimbun sejak 1988.
2. Kecemasan atas aktivitas militer Korea Utara. Korea Utara kemampuan rudal balistik (Taepodong-1) yang mampu menjangkau seluruh wilayah Jepang, serta penolakan Korea Utara diikuti untuk mematuhi aturan keamanan internasional pasti punya perhatian serius dari Jepang. Gerakan militer Korea Utara diklasifikasikan sebagai serius. Korea Utara menjadi perhatian terbesar di Jepang. Pada tahun 1998, Korea Utara melakukan uji menembakkan rudal jarak jauh melalui udara sampai Jepang dan jatuh ke Samudera Pasifik. Insiden ini membuat Jepang rudal peluncuran riset pertahanan.
3. tekanan dari masyarakat setempat dan keinginan AS sendiri untuk mengurangi kehadiran pasukan militernya di Asia Timur. Munculnya isu-isu sosial yang beragam yang berkaitan dengan kehadiran tentara Amerika Serikat di sejumlah negara telah melahirkan protes dan penolakan dari masyarakat yang beragam di negara-negara yang bersangkutan (Jepang, Korea Selatan dan Filipina).
Selain itu, peningkatan ancaman non-konvensional keamanan (terorisme) melawan AS di berbagai daerah mengakibatkan AS terpaksa mengatur ulang penyebaran (deployment) pasukan di seluruh dunia. Hal ini dapat dilihat dari keinginan untuk mengurangi jumlah tentara Amerika Serikat di Korea Selatan dari 32.500 menjadi 20.000 dalam beberapa tahun ke depan. Pasukan diperkirakan, "mantan Carousel" akan digunakan untuk menjalankan misi lain di luar kawasan Asia.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Jepang adalah salah satu negara maju. Salah satu kemajuan mereka dalam jangka ekonomi. Ekonomi Jepang adalah ekonomi terbesar ketiga di dunia (setelah Amerika Serikat dan China). Ekonomi Jepang biasanya didasarkan pada industri, baik dalam teknologi dan animasi (Anime). Selain ekonomi, Jepang menjadi negara maju karena karakter disiplin dan kerja keras dari semua orang mereka. Untuk Pertahanan dan masalah keamanan, Jepang telah menandatangani perjanjian bahwa Jepang hanya diperbolehkan untuk memiliki kekuatan pertahanan diri.

B. Saran
1. Pemerintah Jepang dan orang Jepang harus mampu mempertahankan kemajuan yang telah dicapai sejauh ini.
Kemajuan 2. Jepang dalam budaya, harus selalu menjaga dan memelihara agar negara-negara lain tetap menghargai dengan budaya Jepang.

3. Kemajuan di berbagai sektor seperti industri dan ekonomi harus ditingkatkan, sehingga suatu hari bisa melampaui Amerika Serikat.




jika teman teman ingin mencari referensi tentang negara malaysia para penyimak bisa mengunjungi blog ini   https://plus.google.com/.../posts/TNF1jeq3XBa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar